images-1

Cerpen Pak Yai: Lebaran

images-1Usai sholat Dhuha, pak Yai duduk diteras. Ada seorang tamu yang telah menunggu disana. Heru namanya. Dia datang dari Surabaya, hendak memesantrenkan anaknya ke pondok pesantren asuhan Pak Yai.
“Sudah Dhuha-an, mas Heru?”
“Belum pak Yai, nanti saja.”
“Eman lho ya, saat Romadhon, kalo nglakukan sholat Dhuha, ganjarannya pasti berlipat dibanding biasanya. Sholat Dhuha itu sholat sedekah. Sholat rejeki.”


“Iya nanti, insya Alloh. Oh ya pak Yai, kira-kira lebaran ini bareng nggak ya?”
“Yah mudah-mudahan bareng. Tapi kalo gak bareng, ya dipersilahkan mau milih yang mana. Sebab keduanya kan bukan kumpulan orang-orang bodoh.”
“Kalo dalam pandangan saya, kalendernya orang Islam itu kok mencla-mencle ya. Gak bisa pasti, kayak Masehi.”
“Kok sampeyan bilang gitu?”
“Lha urusan awal bulan saja sudah gegeran, apalagi urusan lain?”
“Mas, setahu saya dari dulu sebelum saya.sunat hingga sebelum 10 tahunan terakhir ini, urusan riyoyo itu gak ada masalah. Yang mbikin masalah itu media. Mereka ‘nggoreng’ perbedaan ini, agar jadi runcing. Biar panas atau yang lainnya. Bukankah setiap ketidakenakan itu komoditas menarik bagi mereka?”
“Ya iya sih, cuman kok kalendernya gak bisa fix gitu.”
“Mas, pendapat saya kok kebalikan ya. Menurut saya dengan pengamatan langsung, baik itungan maupun ngelihat sendiri berarti kedudukan kalender hijriyah itu selalu dalam keadaan terkoreksi. Tahun-tahunnya valid. Cobak kalender masehi, apa mungkin ngoreksi seperti ini. Biarpun matahari muternya telat 5 hari, gak ada yang tahu. Iya to?”
“Emmm… Iya juga sih”
“Nah, perbedaan sudut pandang itu, kalo ditanggapi dengan cara yang bijak, hasilnya yo saling toleransi. Mosok toleransi dengan umat lain isok, dengan.sesama orang Islam, sing podo shahadate ae gak isok?”
“Iya”
“Nah, sampeyan mau ikut lebaran yang mana?”

Pagottan – Madiun, 29 Ramadhan 1437 H / 3 Juli 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s