Nyetatus di Facebook

Cerpen Pak Yai: Nyetatus

Malam itu bulan bersinar terang. Bunder ser. Orang Jawa menyebutnya Candra Kirana. Bulan purnama. Memang malam itu adalah malam ke-15 sasi Pasa (Ramadhan). Usai darusan dengan beberapa santri dan tetangga di mushollanya, pak Yai leyeh-leyeh di serambi.

Ojok kakehan nyetatus nang media sosial
Nyetatus di Facebook

Hidangan dari dapur puhung goreng, gedhang godhog (pisang rebus), dan teh panas, telah sedikit berhasil mengusir hawa yang lagi mbediding di musim kemarau basah akhir-akhir ini.
“Ton, aku saran ya, nanti kalo udah masuk 10 hari terakhir, jangan ngumek (utak-utik) HP ato laptop lagi ya. Kecuali yang penting-penting.”
“Kenapa pak Yai?”
“Biar kamu gak tergoda buat nyetatus”
“Maksud pak Yai?”
“Aku tahu lah, kalian semua ini kan masih anak muda. Senengane pesbukan, tuiteran, atau apa aja lah itu. Silahkan, kalo mau. Tapi harus ingat jam. Ingat waktu. Ojok sak karepe dewe. Jangan, karena puasa, lantas disuwek-suwekno. Berlama-lama di depan gajet. Biar lupa lapar. Batasi, jangan lebih dari 2 jam sehari.
Nah khusus 10 hari terakhir, iku lebih eman lagi. Ojok sampek i’tikafmu dadi kobong, hanya gara-gara nyetatus yang gak jelas.”
“Saya gak pernah nyetatus yang aneh-aneh kok pak Yai”
“Iya gak aneh-aneh, tapi kalo kamu lantas nyetatusnya kayak tahun kemaren: ‘ati jadi adem, setelah i’tikaf 9 hari’…
Atau ‘gimana sih, sahurnya di Masjid xxx gak sip. Terlalu pedes. Tahunya rodok sulaya’… Itu lho, lapooo… kok sampek bilang gitu. Mendingan istighfar sing akeh. Kalo gak setuju, pendam dalam hati. Kalo ada yang istimewa, dari yang kamu lakukan, diam.”
“Masak nulis gitu gak boleh, pak Yai?”
“Lha niatmu opo lho, tahun kemaren?”
“Ya… biar asyik aja, pak Yai”
“Gombal Ton, gak percoyo aku. Wis pokok-e ojok nyetatus sing kayak tahun kemaren atau yang seide dengan itu maneh.”
“Hah… repot pak Yai iki…”
“Ngomong opo, koen?”
“Endak kok, pak Yai nggantheng…”

Sepande, Sidoarjo, 17 Romadhon 1437 H / 21 Juli 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s