Main-Tabel

Tutorial Adobe InDesign: Mengolah Tabel | Desainer Buku 031.99022307

Pernahkah Anda ketika mendesain atau melayout majalah atau buku, ketemu dengan tabel yang jumlahnya cukup banyak? Entah itu jurnal, majalah, buku tahunan, hampir mempunyai tabel dalam isinya.

Celakanya, sebagian besar dari buku-buku atau majalah tersebut, tulisannya dipasok dari Microsoft Word, Microsoft Excel, LibreOffice, Corel WordPerfect Office, WPS, dsb di Windows.  Untuk warga Macintosh akan ketemu dengan iWork dan sebangsanya. Sementara Linux, akan ketemu dengan WPS, LibreOffice, OpenOffice, dsb. Tentu semua software itu punya devinisi tabel sendiri-sendiri ketika dimasukkan ke dalam Adobe InDesign (AID).

Atau, adakah diantara pembaca yang ketika memasukkan materi tulisan, ternyata semua angkanya menjadi angka Timur Tengah semua?

Jujur, menurut pengalaman, tabel hasil “produksi” software-software diatas, cukup “liar” ketika ditata di AID. Kadang tulisannya sulit dirubah, kadang pula tabelnya tidak bisa dimodifikasi, dsb.

Dalam video kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana “menundukkan” tabiat liar dari tabel produksi software lain, yang sering kita jumpai dalam halaman layout kita.

Tidak lupa juga, ada kasus satu lagi, yaitu menjadikan teks yang kita masukkan agar tidak menjadi “Timur Tengah”.

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s