http://indonesiamengglobal.com/wp-content/uploads/2015/07/hands-coffee-cup-apple-large-470x260.jpg

Kuliah dan Tinggalan

http://indonesiamengglobal.com/wp-content/uploads/2015/07/hands-coffee-cup-apple-large-470x260.jpgGultom adalah pemuda gagah dari desa sebelah. Perawakannya tinggi, kulitnya agak gelap, tapi mempesona. Dia seorang supervisor sebuah sebuah pabrik keramik di kawasan Waru Gunung, belum lama ini. Malam itu, sengaja Gultom pulang telat dari jamaah di langgarnya pak Yai. Leyeh-leyeh di teras, sambil memandang ke arah sawah. Angin dingin musim hujan semribit, masuk mencubit-cubit lengannya yang kekar. Kodok-kodok mulai mendendangkan lagu perkawinan. Bersahut-sahutan.

“Assalaamu’alaikum pak Yai…”

“Wa’alaikumus Salaam Warohmatulloohi Wabarokaatuhu. Dungaren (tumben) gak pulang kamu Tom.”

“Iya, lagi nunggu njenengan pak Yai”

“Aku? Wah iki jenenge njanur gunung (tumben banget). Onok opo?”

“Itu pak Yai. Bapak saya itu…”

“Sokeh? Kenapa?”

“Ah… kok kayaknya makin lama makin nggak sopan”

“Nggak sopan gimana?”

“Ya nggak sopan sama saya?”

“Kamu kan anaknya? Kok baru dengar aku. Bapak gak sopan ke anak. Iki anyar…”

“Mosok saya didesak terus, kapan kawin, kapan wisuda, kapan nggendong putu, kapan nyusul. Saya buoosen pak Yai. Mau pecah kepala saya, kalo bapak sama ibuk bilang gitu”

“Emang bapakmu salah, kalo tanya kayak gitu?”

“Ya enggak sih. Cuman apa perlu dia, kok sampek nanyak-nanyak kayak gitu? Kuliah, saya juga mbayar sendiri. Jodo… kan terserah saya. Mau kawin ta enggak”

“Lalu kamu sendiri gimana?”

“Tadi ilok-ilok-an (saling berkata kasar). Tak ilokno macem-macem. Biar nggak diulangi lagi. Sampek saya bilang, saya sudah bosen dadi anaknya. Gak usah dianggep anak”

“Terus piye?”

“Ya tukaran pak Yai. Sampek saya kesini ini. Ngadem. Gak kuwat rasanya. Saya juga sempat ngilokno, ‘itu lho seminggu yang lalu Cak Rokim ninggal (meninggal), kapan Bapak nyusul?’”

“Wih, nguwawur koen Tom.”

“Pegel pak Yai”

“Tom, menurutmu ibuk-bapakmu bener gak?”

“Ya ada benarnya sih. Cuman kan mbencekno (bikin benci)”

“Nek tak lihat, posisi bapak dan ibukmu iku wis bener. Wajar nek beliau berdua berharap kayak gitu. Opo maneh, umure bapakmu wis ndukure 70. Ibukmu 60an. Kamu anak tunggal pisan. Wajar. Opo sing menyebabkan kamu menunda segalanya?”

“Wah ruwet pak Yai, gak bisa dijabarkan”

“Yo wis nek gak bisa dijabarkan, yo muliho ae (pulang aja) kono”

“Lho kok gitu?”

“Lha buat apa kamu kesini, nek hanya sekedar ngomong sulit dijabarkan. Mending cangkrukan nang warunge Prapti kono ae. Enak, isok ngopi”

“Iya deh ngapunten… ngapunten… kuliah saya itu hampir ke-DO, pak Yai. Sudah 8 tahun saya kuliah. Beberapa bulan yang lalu saya sudah dapat peringatan dari kampus. Saya tambah setres.”

“Karek (tinggal) skripsi kan?”

“Iya sih, cuman saya gak sempat ngerjakan. Sibuk buanget di kantor, pak Yai”

“Berani kuliah, harus berani menyelesaikan. Itu namanya satriyo. Gagah. Lanang temenan. Lha nek berani kuliah, walaupun dibayari orang tua, tapi gak isok marekno, menurutku itu banci, Tom. Ibarat nangka, wani mangan buahe gak gelem kenek pulute (berani makan buahnya, gak mau kena getahnya).”

“Mboten kober pak Yai”

“Gak kober opo? Lha wong sak ben (setiap) jam 10 bengi, aku sering lihat kamu remian di warungnya Prapti kok.”

“Tapi kan gak pakek duwek”

“Masiyo gak pakek duwek… sing salah itu bukan reminya. Remi itu cumak mainan seperti halnya sekak (catur), bilyat, dakon, dsb. Sing salah iku kesempatanmu. Kudune waktu remi isok diganti nggarap skripsi.”

“Saya setres pak Yai, seharian kerja. Butuh refreshing”

“Lha skripsimu?”

“Ya itu lah, saya gak ada waktu ngerjakannya”

“Yo wis nek ngono, mulai sesuk kamu nek ngantor pakek daster ya. Dadio bencong ae. Gak usah ngaku lanang. Percuma lanang nek gak satriyo”

“Gggrrrrr…….. “

Panas hatinya Gultom. Panas banget. Cuman gak berani misuhi tokoh desa yang sangat akrab dan dihormatinya itu.

“Nggih pun, mulai besok saya mulai kerjakan. Apapun caranya”

“Iyo, tapi kudu tetep jujur. Gak mungkin kan, kuliah yang nglakoni kamu sementara skripsi dikerjakan orang lain.”

“Nggih…”

“Terus tentang momongan piye?”

“Walah pak Yai ikut-ikutan nyinggung itu”

“Yo wis muliho ae, nek ngono Tom”

“Nggih… ngapunten… ngapunten… saya ini belum siap kawin pak Yai”

“Sampek kapan?”

“Emmm… ya sampek siap”

“Kapan siapnya?”

“Belum tahu”

“Kamu wis punya gendhakan (pacar)?”

“Sampun. Dia yang minta segera kamin. Saya yang gak siap?”

“Gendhakanmu pikirane normal. Sing gak normal awakmu”

“Kok gitu pak Yai?”

“Gendhakanmu itu wis mikir target. Kamu kerja kan diajari ngejar target, iya to? Minimal dalam hal ini target umur, target jumlah anak, target umroh dan naik haji bersama keluarga, dsb. Nek itu semua belum terlintas dalam pikiranmu, tinggal 2 pilihanmu: beli dot bayi, karena masih berpikiran anak-anak atau pakek daster, dadi bencong.”

“Whuih… gak enak Pak Yai iki. Asli gak enak…”

“Lho, bener kan sing tak omong?”

“Nggih pun, habis ini tak pikir-pikir lagi. Maksimal Sabtu saya ke Pak Yai lagi, kapan itunya?”

“Ketiga!”

“Opo maneh…”

“Orang tuamu kan raja tanah sak Mojosari. Bahkan sebagian sawahnya, yang aku dengar ada di Krembung dan Tulangan. Saranku, jangan berharap warisannya.”

“Lho????!!!! Ini yang saya gak terima!”

“Gak terima apa? Bukannya tadi kamu minta tidak dianggep anak ae?”

Gultom terdiam lama

“Ayo jawaben, ojok meneng ae. Selak luwe wetengku (keburu lapar perutku)”

“Nggih pun, habis ini saya tak minta maaf ke Bapak Ibu”

“Itu namanya anak lanang sing Satriyo…”

Jogjakarta, 23 Januari 2016

Leave a Reply

