Cerpen Pak yai, Hidangan, makanan sisa

Cerpen Pak Yai: Makanan Sisa

http://4.bp.blogspot.com/-0v69-XFcFEU/UI_pz8ASa_I/AAAAAAAAAMk/Q7S6fsKHXDY/s640/IMG_5521.jpg
Cerpen Pak yai, Hidangan, makanan sisa

Malam itu adalah malam resepsi pernikahan salah satu santri Pak Yai, yang tinggal di Ngimbang, Lamongan. Acara begitu meriah. Setelah melewati beberapa acara inti, pembawa acara kemudian mempersilahkan hadirin untuk makan malam. Prasmanan. Ada banyak menu disana. Pak Yai beserta rombongan turut serta menikmati hidangan.
“Sur, piye Sotonya, cocok ta rasane?”
“Alhamdulillah uenak pak Yai. Joss gandos!”
“Alhamdulillah, yo syukurlah. Habis ini ngambil apa?”
“Es teler pak Yai. Kok kelihatannya sueger”
“Tapi, kok makananmu gak dihabiskan?”
“Nuwun sewu, yang mana ya Pak Yai?”
“Itu masih ada nasi satu sendok. Sama yang dipinggir-pinggir. Itu juga, krupuknya tinggal sak cakotan disisakan. Kenapa disisakan?”
“Oh ini to? Ya… Sudah kenyang pak Yai”
“Kalo sudah kenyang, gak usah ngambil es teler”
“Lho???”
“Kan katamu sudah kenyang”
“Iya tapi bukan begitu maksud saya, pak Yai.. Cuman…”
“Kamu mau nyisakan buat siapa Sur?”
“Emm… “
“Ayo jawab”
“Gak ada pak Yai”
“Disisakan untuk dibuang?”
“Emm… “
“Gini Sur, aku tahu maksudmu. Kamu merasa gak sopan atau kuwatir dikatakan nggragas, kalo makanannya nampak habis. Ato kamu merasa seakan-akan dikatakan, ‘kayak gak pernah makan saja’, gitu kan?”
“I… Iya, pak Yai”
“Yang bilang gak sopan, nggragas, kayak gak pernah makan, itu siapa?”
“Orang-orang. Kan umumnya bilang seperti itu. Pak Yai”
“Orang-orang sopo? Orang dikatakan modern yang gak ndeso, tidak ada hubungannya sama sekali dengan makan gak dihabiskan itu. Nyisakan makanan itu gak berkah, Sur. Gak nyenengkan tuan rumah. Kayak anak bayi aja.”
“Terus gimana pak Yai?”
“Ya Habiskan! Tuan rumah acara ini lho, gak ada yang mau menghabiskan sisa makananmu yang tinggal sak sendok itu. Kalo gak percaya, tanyakan sama mantennya”
“Nggih saya percaya pak Yai“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s