Ruang Kosong alias White Space

Cokelat03

Gambar Cokelat dengan latar belakang ramai (refleksi)

Pagi ini saya menemui salah satu staf SDIT Insan Kamil Sidoarjo, untuk menyelesaikan masalah administrasi atas brosur yang telah dipesan tempo hari. Di tengah pembicaraan, tiba-tiba beliau membicarakan masalah tempat kosong atas desain yang kami buat. Karena awam, maka bisa dimaklumi mengapa ada ruang kosong yang mesti disia-siakan.

Yang dimaksud dengan ruang kosong ini adalah ruangan dalam satu halaman desain yang dibiarkan dalam keadaan kosong, tanpa tulisan, tanpa gambar, atau ornamen apapun (kecuali latar belakang/ background).
Maka jawab saya, keberadaan ruang kosong itu memang sengaja di buat agar pandangan mata kita bisa fokus di obyek yang berada di dalam ruang kosong tersebut. Ibarat rumah yang berada di tengah padang rumput, maka keberadaan rumah itu akan sangat dominan penampakannya. Bahkan dilihat dari jauh pun akan nampak. Beda ceritanya bila rumah yang dimaksud itu berada di tengah kampung yang padat penduduk. Maka pandangan kita akan dihadapkan oleh banyak fokus, dikarenakan obyek yang bersangkutan sangat mirip dengan sekitarnya.
Identik dengan masalah ini pula, maka segala bentuk tulisan apabila diletakkan di “wilayah” yang kosong atau samar, akan nampak dominan. Dalam bahasa desain disebut dengan “EYE CATCHING” atau “JALA MATA”. Di sinilah keberadaan seorang desainer diuji kemampuannya. Bisakah dia menempatkan tulisan diatas obyek, atau obyek di atas obyek lainnya tanpa mengganggu pandangan atau tidak saling mendominasi, sehingga yang muncul adalah harmoni bentuk dengan tumpukan-tumpukan yang saling menyumbangkan keindahan.

Area Kosong atau White Space
Pagi ini saya menemui salah satu staf SDIT Insan Kamil Sidoarjo, untuk menyelesaikan masalah administrasi atas brosur yang telah dipesan tempo hari. Di tengah pembicaraan, tiba-tiba beliau membicarakan masalah tempat kosong atas desain yang kami buat.Karena awam, maka bisa dimaklumi mengapa ada ruang kosong yang mesti disia-siakan.Yang dimaksud dengan ruang kosong ini adalah ruangan dalam satu halaman desain yang dibiarkan dalam keadaan kosong, tanpa tulisan, tanpa gambar, atau ornamen apapun (kecuali latar belakang/ background).Maka jawab saya, keberadaan ruang kosong itu memang sengaja di buat agar pandangan mata kita bisa fokus di obyek yang berada di dalam ruang kosong tersebut. Ibarat rumah yang berada di tengah padang rumput, maka keberadaan rumah itu akan sangat dominan penampakannya. Bahkan dilihat dari jauh pun akan nampak. Beda ceritanya bila rumah yang dimaksud itu berada di tengah kampung yang padat penduduk. Maka pandangan kita akan dihadapkan oleh banyak fokus, dikarenakan obyek yang bersangkutan sangat mirip dengan sekitarnya.Identik dengan masalah ini pula, maka segala bentuk tulisan apabila diletakkan di “wilayah” yang kosong atau samar, akan nampak dominan. Dalam bahasa desain disebut dengan “EYE CATCHING” atau “JALA MATA”. Di sinilah keberadaan seorang desainer diuji kemampuannya. Bisakah dia menempatkan tulisan diatas obyek, atau obyek di atas obyek lainnya tanpa mengganggu pandangan atau tidak saling mendominasi, sehingga yang muncul adalah harmoni bentuk dengan tumpukan-tumpukan yang saling menyumbangkan keindahan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

Cokelat Polos

Gambar Cokelat dengan latar belakang polos

Cokelat02

Gambar Cokelat dengan latar belakang polos dengan posisi di tengah

Cokelat03

Gambar Cokelat dengan latar belakang ramai (refleksi)Cokelat dengan latar belakang ramai tanpa refleksi

Cokelat04

Cokelat dengan latar belakang ramai tanpa refleksi

Dari keempat gambar di atas, sudah pasti bisa diperkirakan bahwa gambar dengan latar belakang polos, memberikan nilai jala mata (eye catching) yang lebih baik.
Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s